Senin, 30 Juli 2012

Partikel Tuhan(Boson Higgs)

Boson Higgs atau yang biasa disebut Partikel Tuhan adalah partikel dasar masif hipotetis yang diperkirakan ada sesuai Model Standar (MS) fisika partikel. Keberadaannya diyakini sebagai tanda-tanda penyelesaian atas sejumlah inkonsistensi pada Model Standar. Eksperimen untuk menemukan partikel ini sedang dilakukan dengan menggunakan Penumbuk Hadron Raksasa (LHC) di CERN, serta di Tevatron Fermilab sampai Tevatron ditutup pada akhir 2011. Pada 12 Desember 2011, kolaborasi ATLAS di LHC menemukan bahwa massa boson Higgs yang beragam mulai dari 145 sampai 206 GeV ditiadakan dengan tingkat keyakinan 95%. Kolaborasi CMS di LHC akan diumumkan pada 13 Desember. Boson Higgs adalah satu-satunya partikel dasar prediksi Model Standar yang belum diamati dalam eksperimen fisika partikel. Partikel ini adalah bagian integral dari mekanisme Higgs, bagian dari Model Standar yang menjelaskan bagaimana sebagian besar partikel dasar yang telah diketahui memperoleh massanya. Misalnya, mekanisme Higgs akan menjelaskan mengapa boson W dan Z, yang menjadi perantara interaksi lemah, memiliki massa sementara foton, yang menjadi perantara elektromagnetisme, tidak memiliki massa. Boson Higgs diperkirakan termasuk dalam kelas partikel boson skalar (boson adalah partikel dengan putaran integer, dan boson skalar memiliki putaran 0.) Teori yang tidak membutuhkan boson Higgs juga muncul dan akan dipertimbangkan jika keberadaan boson Higgs ditiadakan. Teori-teori tersebut disebut sebagai model nir-Higgs. Sejumlah teori menyatakan bahwa mekanisme apapun yang mampu menciptakan massa partikel dasar harus tampak dengan energi kurang dari 1,4 TeV. karena itu, LHC diharapkan mampu memberikan bukti eksperimental atas keberadaan atau ketidakberadaan boson Higgs. Pada akhir 2011 sejumlah percobaan berangsur-angsur telah menekankan kisaran massa sekitar 125 GeV/c2. Pada tanggal 4 Juli 2012, tim eksperimen CMS dan ATLAS pada Large Hadron Collider secara independen mengumumkan bahwa mereka mengkonfirmasi penemuan boson yang belum diketahui sebelumnya dengan massa antara 125-127 GeV/c2, yang peri lakunya sejauh ini "konsisten" dengan boson Higgs, sambil menambahkan catatan hati-hati bahwa data dan analisis lebih lanjut diperlukan sebelum mendapatkan identifikasi positif boson tersebut sebagai sejenis boson Higgs. pada awalnya partikel ini ditemukan oleh Peter Higgs, 48 tahun silam. istilah yang mengelitik itu. Istilah “partikel Tuhan” dikenal sejak 1993, dari buku yang berjudul “The God Particle: If the Universe is the Answer, What is the Question?” karya penerima Nobel bidang Fisika, Leon M. Lederman. Higgs menceritakan, awalnya sang penulis memberi nama partikel itu “Goddamn particle” alias “partikel terkutuk”, saking sulitnya untuk ditemukan. Namun, editor tak berkenan, dan mengubahnya menjadi “God particle” alias “partikel Tuhan”. “Istilah itu tidak digunakan para fisikawan, namun menarik bagi umum,” kata Higgs.Tapi gara-gara istilah itu, proyek pencarian partikel yang memakan dana besar mendapat perhatian dunia. Istilah “partikel Tuhan” terdengar lebih seksi, dan menggelitik dari pada “Higgs boson”. Dengan nama partikel Tuhan inilah para peneliti diseluruh dunia merasa tertantang dan berlomba-lomba menemukan partikel yang dianggap sebagai kunci dari pembentukan alam semesta ini. Sebagaimana dikutif Daily News bahkan pencarian partikel ini telah melibatkan 3000 ilmuan dari 40 negara di bawah sebuah lembaga Organisasi Penelitian Nuklir Eropa (CERN) yang berkantor di Jenewa Swiss. yang pada akhirnya 4 Juli 2012 lalu kantor Center For Nuclear Research (CERN) secara resmi mengumumkan penemuan partikel barunya yang memiliki masa sekitar 125-126 gigaelectronovolts (GeV). itu artinya sekitar 130 kali lebih berat dari proton yang menjadi inti dari setiap atom. Penelitian itu memakai Large Hadron Collider (LHC), pemercepat partikel sepanjang 27 kilometer, terkubur di bawah tanah di perbatasan Prancis dan Swiss. Dibangun dengan dana US$10,5 miliar, alat itu dipakai untuk menciptakan kembali kondisi setelah Big Bang, ledakan mahabesar, yang diduga sebagai awal penciptaan alam semesta. Higgs boson adalah keping terakhir dari puzzle untuk melengkapi Model Standar Partikel Elementer, salah satu teori yang paling sukses untuk menjelaskan bagaimana partikel dasar berinteraksi dengan gaya-gaya fundamental. Sekaligus memahami asal usul alam semesta, bagaimana ia berkembang, dan bagaimana manusia ada hingga saat ini. Untuk memahami Model Standar, kita harus mengetahui fisika didasarkan pada konsep empat gaya di alam: elektromagnetik, gaya kuat, gaya lemah, dan gravitasi. Model Standar menyatakan, materi terdiri dari partikel kecil yang disebut fermion. Fermion terdiri dari quark dan lepton. Ada juga boson, yakni partikel perantara interaksi antar materi. Tiap boson membawa gaya sendiri –gluon membawa gaya kuat, foton membawa gaya elektromagnet W, Z boson membawa gaya lemah, dan graviton membawa gaya gravitasi. Partikel terakhir, yakni Higgs boson yang berperan menentukan massa. Kecuali Higgs boson, semua partikel dalam Model Standar sudah ditemukan. Bersandar pada hukum distribusi statistik kuantum Bose-Einstein, hasil kolaborasi fisikawan India, Satyendra Bose dan Albert Einstein, Peter Higgs pada 1960-an mencetuskan teori yang menuntut adanya partikel subatom dari suatu medan (field) yang memberikan massa ke partikel dasar – yang kelak disebut Higgs boson. Begini cara kerjanya: partikel tak bermassa seperti foton memang tidak berinteraksi dengan medan Higgs, tetapi partikel lain semacam elektron dan quark berinteraksi dengan medan itu menghasilkan massa sesuai sifat interaksinya. Semakin besar interaksi partikel, makin besar massanya. Dari mana muncul nama Higgs boson? Medan Higgs ini terdiri dari kuanta partikel berjenis boson – itu sebabnya dinamai Higgs boson, yang memiliki ciri, massanya diprediksi berada diatas 100 Giga eV atau lebih dari 100 kali massa proton. Lucunya, saat mengirimkan makalah berisi hipotesanya ke jurnal Physics Letters tahun 1964 silam, Higgs sama sekali tak menyebut soal partikel itu. Akibatnya, para editor jurnal yang notabene fisikawan ternama menolaknya. Kemudian Peter Higgs menambahkan paragraf kecil tentang partikel yang dimaksud, karena terlanjur sakit hati, ia mengirimkan revisi makalahnya itu ke jurnal saingan, Physical Review Letters, yang menerimanya senang hati. Sebagai fisikawan pertama yang menyebutnya, partikel itu menyandang namanya. Pada 13,7 miliar tahun lalu, sesaat setelah dentuman terjadi (Big Bang), semesta yang panas terisi oleh hamparan partikel. Tanpa kehadiran Higgs boson, maka quarks tidak akan terkombinasi membentuk proton atau neutron. Kemudian, proton dan neutron pun tak akan terkombinasi dengan elektron membentuk atom. Tanpa atom, maka molekul dan materi pun tidak akan terbentuk. Atau dengan kata lain: tak ada galaksi, tak ada bintang, tak ada planet, tak ada kehidupan di muka Bumi. Michael Tuts, Profesor Fisika dari Columbia University yang terlibat dalam penelitian tim ATLAS mengatakan, masih perlu sejumlah pembuktian untuk menyatakan bahwa itu adalah Higgs boson. Kendati demikian, partikel berat itu dinyatakan memiliki karakteristik “partikel Tuhan”. Begitulah partikel ini di jelaskan dari mulai mengapa dinamakan patikel tuhan dan bagaimana cara kerja partikel ini hingga didefinisikan sebagai partikel tuhan, yang pasti penemuan ini merupakan penemuan yang luar biasa yang lahir dari ribuan tangan Ilmuan yang mungkin harus dan patut kita pelajari juga, adapun terkait dengan namanya sebagai partikel Tuhan, di awal sudah dijelaskan bahwa itu tidak terkait dengan zat Tuhan, bahkan Higgs sebagai pencetus nama Partikel Tuhan ini pun mengaku tak suka dengan istilah “partikel Tuhan”. Sebab, “bisa menyinggung perasaan orang beragama, walau dia sendiri adalah sebagai seorang ateis.” Sumber: Republika.co.id

Barcode

numpang post barcode bagi pengguna android khususnya.. atau yg lain juga boleh,lah.. :-D langsung saja di scan.. thanks before..

Jumat, 20 Juli 2012

Promosi :-D

waw.. sudah sangat lama sekali nih gk nge blog lagi.. hehe.. kira" dah hampir setahun lah,ya.. tapi karena hampir setahun itu makanya jadi kangen sama blog ini.. :D okay.. sekarang saya mw ngepost link" yg saya daftar seperti facebook,twitter,youtube,dan instagram .. okay.. di mulai dari facebook aja.. 1. Facebook ini link facebook saya http://www.facebook.com/daud.firman o,ia.. kalau mw buka pakai link itu.. anda harus log-in di facebook dulu baru bisa ngeliat profile saya.. atau kalau males copy link itu, di sebelah kanan dari blog ini ada profile facebook saya, jadi tinggal di klik aja.. 2. Twitter okay.. follow saya di twitter http://www.twitter.com/daudfirman120 atau cari @daudfirman120 atau liat di kanan dari blog ini saja.. tweet"nya jamin mancap dah.. wkwkwk.. trus kalau kalian males nyarinya.. liat di hashtag saya saja.. ini.. #tweetdaud 3. youtube nah.. ini ni.. sampai dengan hari ini, subscribers saya baru 1 orang.. -__-" jadi malu nih saya.. ini linknya.. http://www.youtube.com/daudfirman monggo di liat video" yang sudah saya upload.. monggo juga di tunggu video" yg belum saya upload :D haha.. kalau tertarik monggo di subscribe.. :-) 4. Instagram Ni buat yg suka foto" di iPhone,Android,dll. silahkan di follow : daudfirman120 Okay.. sekian dulu yg saya post.. hiks..hiks.. jadi sedih mw log-out nih.. haha.. okay deh.. mw siap" buat puasa besok.. Met puasa bagi yg puasa besok,ya.. :-) Terima kasih sudah berkunjung dan membaca.. nanti balik lagi,ya.. :-)

Rabu, 29 Juni 2011

Foto Aneh... Dengan Kisah Yang di Karang

1.

Pada suatu hari ada seorang bayi yang sedang duduk,dan iya memegang tali yang diikat ke seekor anjing, etelah itu, anjing itu berkata :
Anjing :"Bos,(Bayi itu)Rasanya jadi Manusia gimana,sih??"
Bayi :"Hmmm..Ada enak trus ada kgk enaknya... Mang napa??"
anjing :"Gk napa-napa,sih...Kalau kita Tukar Nasib(Film yang ada di RCTI) gimana??"
Bayi :"ok,lah... Tapi 1 Hari aja,ya..."
Anjing :"Oc..."


2.

Kalau foto yang ene aku kgk bisa ngarang... Mungkin anda bisa membantu... post aja d comment.. biar ntar aku tulis namamu... thx...
By daud

Cinta Negri Sendiri..


Cintailah negeri kalian sendiri, sebab kita mempunyai Sumber alam di laut yang indah,dan berbagai keindahan lainnya... Mengapa kita harus mencintai Negeri sendiri? mengapa tidak negeri lain?? Mungkin banyak orang yang mempunyai pertanyaan seperti itu...
Bila menurut saya kita harus mencintai negeri sendiri karena kita dilahirkan di negeri ini,dan Negeri kita mempunyai Hasil alam yang melimpah..
Mengapa banyak orang yang berwisata ke luar negeri dari pada ke kota kita sendiri??
jawabannya :
1. Karena mungkin teknologi diluar negeri lebih canggih ( Ini Subjektif,Menurut saya saje )
2. Karena sudah bosan berada di negeri sendiri dengan lokasi wisata itu"saja
Mungkin hanya itu yang saya lihat dari orang" yang pernah saya tanya...
Ini menurut saya,tapi bila menurut anda?? tinggalkan pesan..
By daud

AWAS KANKER HATI....!

Para dokter di NATIONAL TAIWAN hospital melakukan penemuan terbaru, penyebab utama kerusakan hati adalah tidur terlalu malam & bangun terlalu siang.

Jangan tidur lewat dr jam 11 malam, krn malam hari pkl. 11 s/d dini hari pkl. 1 adalah proses detox dibagian hati, hrs berlangsung dlm kondisi tidur pulas.
Pkl. 1-3 proses detox dibagian empedu dlm kondisi tidur.
Pkl. 3-5 detox bagian paru-paru.
Pkl. 5-7 detox bagian usus besar, sebaiknya buang air...
Pkl. 7-9 penyerapan gizi bagi usus halus, hrs makan pagi.

Begadang & bangun terlalu siang mengacaukan metabolisme tubuh, selain itu dr tengah malam s/d pkl 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang utk memproduksi darah.

So,Keep your health guys..!

Menurut Dennis G West, pengarang buku kesehatan best seller, hal2 yg hrs diperhatikan:
* jawablah telepon menggunakan telinga sebelah kiri
* jangan minum obat dg air dingin
* jgn makan makanan berat setelah jam 6 malam
* minum lebih byk air putih di pagi hari, malam lbh sedikit
* jam tidur yg paling baik jam 10 malam sampai jam 5 pagi
*jangan terlalu cepat berbaring setelah minum obat
* ketika battery hp tinggal satu jgn angkat telp krn radiasi meningkat hingga 100 kali.
Mudah-mudahan bermanfaat.... Trims dah baca..

Selasa, 14 Juli 2009

keselamatan dalam mengendarai sepeda motor.......!

Tentu kalian pernah melihat orang mengendarai sepeda motor, ada yang memakai Helm,dan ada yang tidak memakai Helm. Sebenarnya bila tidak memakai Helm, itu sangat berbahaya. apa lagi yang sering kencang2 di jalan raya,bila ada urusan kita bisa mengerti tetapi bila tanpa tujuan kita kencang2 apa gunanya??????
Kalianpun tentu pernah naik motor,ya mungkin ada juga yang belum pernah naik motor.....!
bila kalian yang mengendarai sepeda motor, jangan kencang-kencang karena bisa mencelakai nyawa kalian sendiri,ingat,ya pesanku.............!
ayahku berkata padaku"Bila ingin melakukan atau berbicara sesuatu harus difikir panjang,bagaimana bila kita perbuat begini,ingat,ya"
kata ayahku

Selasa, 23 Juni 2009

wadokai Karate-do

itu adalah nama karateku kalian yang mau ikut,langsung saja datang ke perumahan Taman Mediterania Block GG,setiap hari minggu jam 8-10.....!
bagi kalian yang mau ikut Beladiri langsung saja datang,aku tunggu......!

Sabtu, 23 Mei 2009

cara-cara naik kuda

Sebelum naik: 1. lihat kaki kudanya ada 4,kalau ada 3,jangan dinaiki.(berarti anjing lagi kencing) 2. lihat berbulu atau tidak,kalau tidak berbulu berarti sudah siap di bakar.(kuda Bakar) 3. ada mulutnya atau tidak,kalau tidak ada,mungkin sudah dijahit. 4. ada poninya atau tidak..?bila ada berarti kuda poni Pada saat naik: 1. jangan merokok pada saat diatas kuda, yang nerokok perokok aktif, tetapi kasian kudanya nanti kudanya jadi perokok pasif. 2. jangan membawa jarum,nanti kudanya kena tusuk.kesakitan deh...! pada saat mengendarai kuda: 1. jangan cepat-cepat nanti kudanya haus.(kecapean) 2. jangan terlalu menarik talinya nanti kudanya bisa mati.(bisa dilapor saudara kuda ke polisi) 3. jangan lama-lama naik kudanya, kudanya keberatan. pada saat turun dari kuda: 1. jangan sampai ada HP,dompet,jarum,dll.yang tertinggal nanti dicuri orang,loooooo..... Tidak ada salahnyakan aku mengingatakan.....? Betulllllllllllllll..................?

Minggu, 17 Mei 2009

tentang daud........

aku fans sm Harry Potter,pembalap,bela diri,basket dan,bongkar sana-sini.
1.aku fans Harry Potter karena melihat dari teman, aku menjadi ter tarik.temanku sangat senang bila ia dipanggil Harry Potter aku menjadi heran,apa bagusnya Harry Potter? aku langsung membeli kaset Harry Potter. pada saat aku lihat aku terkejut ternyata Harry Potter sangat pintar,ia seperti orang yang mempunyai kekuatan alam. Dari situlah aku menjadi senang dengan Harry Potter..........!
2. aku ingin menjadi pembalap karena,aku melihat orang naik motor/mobil melaju cepat. Memang sih berbahaya tapi itu bakat. Aku bisa naik mobil dan motor karena diberi tahu oleh Ayah saya.
3. aku mengikuti bela diri (Karate) untuk menjaga keluarga saya agar kalau ada apa-apa,saya yang maju.........!
4. Aku menyukai Basket,karena aku melihat orang pemain basket menjadi tinggi,larinya cepat,ganteng,dan juga gagah. aku mau sekali seperti itu..........!
5.Bongkar sanaaaaaaaa,bongkar siniiiiiiiiiiiiiiii.Main bongkar akakakakakakaakakak

cara-cara membuka komputer dengan benar......

kalian tentu tau cara membuka komputer,tapi saya hanya mengingatkan saja........!
1. nyalakan saklar.
2. tekan tombol monitor
3. tekan tombol CPU
4. tunggu sampai ada panah mouse
5. masukkan password komputer anda (bila ada password)
6. bila tidak ada password.tunggu sampai gambar desktop anda muncul
7. bila sudah muncul silakan dipakai..........!
pengertian:
1. monitor:layar pada komputer.
2. CPU:seperti mesin,tetapi pada komputer.
3. password:kata kunci pada komputer.
4. Desktop:layar.

Hallo........!

Hallo.......................!
hallo sahabatku yang ku tunggu untuk datang ke blogku. Memang sich blog sudah gak jaman lagi,tapikan gak ada salahnya untuk mencoba. jadi bagi kalian yang mau buat blog gampang. seperti pepatah mengatakan kalau ada kemauan pasti ada jalan.
styleku bagus,gak.............?
jangan lupa,ya buat komen.........!

ciri-ciri pemain basket.........

ciri-cirinya seperti aku......!
kalian gak tau,ya aku kan bercita-cita jadi pemain Basket.........!
ciri-cirinya:
1. tinggi
2. lari cepat
3. ganteng
4. Gagah
I'am Daud How are you?? comment,please..
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Selamat datang di blog saya.